Posted by : Zulfikar Alfayed Kamis, 04 April 2013


Setidaknya trio London dan duo Merseyside masih berjibaku untuk dapat menembus posisi empat besar
Kompetisi Liga Inggris memasuki fase akhir. Manchester United masih nyaman duduk di singgasana teratas dengan selisih 15 poin atas Manchester City yang berada di tempat kedua. Beberapa tim masih harus bersaing untuk mendapatkan tempat di Liga Champions musim depan dan menjaga gengsi sebagai tim terbaik Inggris.
Kegagalan untuk dapat bermain di Liga Champions musim ini tentu masih terasa menyakitkan bagi Tottenham Hotspur. Pasalnya, musim lalu mereka finish di tempat keempat klasemen akhir, namun jatah mereka justru harus berpindah ke tangan Chelsea yang saat itu hanya menyelesaikan musim di tempat keenam. Status juara bertahan yang disandang The Blues, membuat Spurs harus rela ‘turun kasta’ bermain di Europa League.
Saat ini pasukan Andre Villas-Boas sukses mengkudeta tempat ketiga yang sebelumnya dihuni oleh Chelsea setelah meraih kemenangan 2-1 atas Swansea City akhir pekan lalu. Tentu Gareth Bale dkk tak ingin merasakan sakit untuk yang kedua kalinya dengan setidaknya berusaha mempertahankan posisi mereka saat ini sebagai zona aman untuk lolos kualifikasi Liga Champions musim depan. Kini, The Lilywhitesberselisih dua poin atas Chelsea yang harus rela turun ke peringkat empat setelah dikalahkan Southampton di St. Mary. Namun, Spurs sudah memainkan satu pertandingan lebih banyak.
Chelsea sendiri tampil tak terlalu konsisten. Bermain di tujuh kompetisi musim ini, justru mereka harus kehilangan satu per satu kesempatan untuk menambah koleksi trofi di Stamford Bridge. Bahkan, mereka gagal menembus fase grup Liga Champions. Tak ada lagi yang bisa diandalkan John Terry dkk selain penampilan yang konsisten dan tekad untuk memenangi semua laga jika masih ingin bersaing di Liga Champions musim depan.
Namun, klub London Barat patut waspada karena Arsenal masih mengintai mereka di tempat kelima dengan hanya berselisih dua poin. The Gunners tentu tak ingin menghentikan perjalanan mulus mereka yang selalu menembus kompetisi Liga Champions di bawah arahan Arsene Wenger sejak 16 tahun lalu.
Selain tiga tim London, duo Merseyside juga tak mau kalah untuk ikut meramaikan persaingan empat besar. Everton dan Liverpool, yang berturut-turut berada di posisi enam dan tujuh, bukan tak mungkin memberikan kejutan di akhir kompetisi.
Peluang memang lebih terbuka bagi The Toffees. Duduk di tempat keenam, pasukan David Moyes hanya berjarak empat poin untuk mendapatkan tempat di kualifikasi Liga Champions. Adalah suatu prestasi yang besar bagi Moyes jika ia mampu membawa Everton melaju ke Liga Champions musim depan selama 11 tahun karirnya di Goodison Park.
Sementara itu, langkah Liverpool memang sedikit lebih berat jika dibandingkan dengan para rival mereka.The Reds kini terpaut tujuh poin dari Chelsea. Steven Gerrard dkk telah tersingkir dari Liga Champions dalam beberapa musim terakhir. Sebagai tim Inggris yang meraih gelar Liga Champions terbanyak, dengan raihan lima trofi, Liverpool tentu memimpikan untuk dapat kembali bersaing dengan klub-klub papan atas Eropa lainnya.
Well, kini kompetisi Premier League menyisakan tujuh hingga delapan pertandingan lagi musim ini. Perebutan posisi empat besar menjadi sangat krusial di detik-detik akhir. Dibutuhkan konsistensi dan konsentrasi jika ingin mendapatkan tempat di Liga Champions musim depan. Namun, faktor keberuntungan juga tak bisa disingkirkan begitu saja. So, selamat menikmati persaingan dari  tim-tim terbaik Negeri Ratu Elizabeth.

Source: http://www.supersoccer.co.id/liga-inggris/perebutan-empat-besar-nan-krusial/

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 The Gunners -Sao v2- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -