Posted by : Zulfikar Alfayed Rabu, 03 April 2013


Jika Malaga berstatus tim debutan, Dortmund pernah menjuarai Liga Champions pada musim 1996/1997
Malaga, klub asal Spanyol yang baru kali pertama berpartisipasi di ajang Liga Champions. Tidak ada yang pernah menyangka tim debutan ini mampu menjadi delapan klub terbaik yang berhak maju ke perempat final bersanding dengan nama-nama besar klub elite Eropa seperti Barcelona, Real Madrid, Juventus, dan Bayern Munich yang nyatanya telah bergelimang gelar.
Kini, tim asuhan Manuel Pellegrini harus berhadapan dengan salah satu kekuatan Jerman Borussia Dortmund. Sama-sama berstatus tim non-unggulan, mereka akan saling berjibaku untuk melaju menjadi empat tim terbaik.
Dortmund sendiri bukanlah ‘anak baru’ di kompetisi Liga Champions. Mereka sempat mencicipi manisnya menjadi juara Eropa pada musim kompetisi 1996/1997 dengan mengalahkan wakil Italia, Juventus di final.
Namun, setelahnya performa mereka justru memburuk. Sejak 1998 Dortmund tidak lagi mampu menembus perempat final dan inilah kali pertama mereka kembali menapakkan kaki di babak delapan besar.
Tak hanya sekadar lolos, mereka juga menorehkan performa impresif di Liga Champions musim ini. Pasukan Jurgen Klopp menjadi salah satu dari dua tim yang belum terkalahkan bersama lawan mereka di final 1996/1997, Juventus.
Inilah beberapa fakta menarik dari kedua tim:
  • Malaga belum pernah menelan kekalahan di kandang dalam kompetisi Eropa (termasuk kualifikasi dengan hasil enam kemenangan dan tiga kali seri.
  • Malaga adalah tim yang belum mampu mencetak gol di babak pertama pada pertandingan Liga Champions musim ini.
  • Borussia Dortmund hanya meraih satu kemenangan dari delapan laga tandang di Spanyol pada kompetisi Eropa yang terakhir terjadi pada Oktober 1996 saat mereka mengalahkan Atletico Madrid dengan skor 1-0. Pada musim itu mereka keluar sebagai juara Liga Champions.
  •  Dortmund tidak pernah gagal mencetak gol di Liga Champions musim ini.
  • Dortmund memiliki rata-rata penguasaan bola 43,3%, paling rendah di antara delapan tim yang tersisa di Liga Champions musim ini.
  • Jurgen Klopp menggunakan pemain paling sedikit di Liga Champions musim ini di antara delapan tim tersisa dengan hanya 20 pemain.


Source: http://www.supersoccer.co.id/sepakbola-internasional/data-dan-fakta-jelang-malaga-cf-vs-borussia-dortmund/

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

About Me

- Copyright © 2013 The Gunners -Sao v2- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -