Posted by : Zulfikar Alfayed
Minggu, 01 September 2013
Tag :// England Football
Agar lebih dekat dengan fans dan tentunya mendapat keuntungan bisnis
Klub sepakbola kini selalu mencari cara untuk menambah fans dan mendekatkan mereka dengan fans yang sudah ada. Salah satu caranya adalah memanfaatkan media sosial. Meledaknya pengguna media sosial tentu juga bisa menjadi salah satu alasan mengapa klub mau terjun ke dalam dunia maya.
Salah satu klub yang baru saja masuk ke dunia maya adalah Manchester United. Setelah begitu populer dengan akun Facebook, mereka kini juga membuat akun di situs media sosial lain seperti Twitter dan Sina Weibo. Namun dari ketiga akun itu, nampaknya akun Twitter klub akan menjadi yang paling populer dalam beberapa waktu ke depan.
Akun Twitter milik Manchester United baru dibuka bulan Juli lalu. Setelah sebulan berjalan, kini mereka memiliki 821 ribuan followers. Jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah mengingat jumlah fans mereka di Facebook sudah mencapai angka jutaan. Menurut direktur pemasaran The Red Devils, Jonathan Rigby, rencana pembuatan akun sosial media United ini sudah direncanakan sejak setahun lalu. “Kami akan menunggu sampai setidaknya kami tahu apa yang harus kami lakukan di Twitter nanti,” tutur Rigby seperti ditulis Football finanza. “Selama setahun itu pula kami sudah memikirkan peluang peluang bisnis apa yang bisa muncul dari situ (Twitter).”
Salah satu keuntungan dari United memiliki akun Twitter tentu saja dari iklan dan sponsor. Maksudnya, hal ini menunjukkan bahwa United ingin membuat suatu model bisnis yang nyata untuk dan mencoba untuk mengintegrasikan unsur komersial dalam strategi media sosial dengan memperbanyak peluang iklan dan sponsor. Langkah yang bisa dibilang cerdas, dan sesuatu yang sudah familiar di dunia olahraga di mana tidak hanya tim tapi brand alat olahraga juga kini menggunakan sosial media khususnya Twitter untuk melakukan promosi.
Salah satu hal yang memancing United untuk membuka akun Twitter adalah pensiunnya Ferguson. Jumlah tweet tentang pensiunnya Ferguson mencapai 1,8 juta tweet dalam 24 jam. Hal ini seakan menjadi alarm bagi United untuk menggunakan kesempatan mereka di media sosial. United telah menggunakan akunnya untuk mempromosikan hashtag seperti #ThankYouSirAlex dan #UnitedContinued di situs, di stadion dan dalam kegiatan pemasaran mereka akhir akhir ini.
United juga meminta bantuan kepada beberapa pemain dan mantan pemainnya yang sudah lebih dulu membuat akun Twitter seperti Rio Ferdinand, Gary Neville dan Wayne Rooney untuk lebih dulu mempromosikan klubnya lewat dunia maya. Namun, United juga harus waspada dengan segala kemungkinan terburuk apabila mereka menggunakan media sosial. Salah satunya sudah terjadi yaitu kala akun Facebook United mengumumkan penunjukkan David Moyes sebagai pelatih anyar sebelum waktunya.