Posted by : Zulfikar Alfayed Selasa, 08 Februari 2011


ASP.Net Lebih Baik Dari PHP (ASP.Net Better Than PHP) !!!

Berikut aye paparkan beberapa alasan kenape ASP.Net lebih baik ketimbang PHP :

 vs 


1. Kecepatan


Seperti aplikasi .Net pada umumnye, aplikasi ASP.NET adalah compiled code. Ini ngebuat ASP.Net lebih cepat ketimbang PHP, dimana aplikasi PHP adalah interpreted. Untuk menyamai kecepatan biasanye untuk PHP musti diinstal Zend atau PHP accelerator di server. Juga untuk Object Orientation lebih cepat ASP.NET ketimbang PHP.


2. Bahasa yang disupport

PHP menggunakan bahasa scripting PHP yang mendekati C++, sedangkan untuk markup mirip ASP Classic dan support OOP konsep. Sedangkan ASP.NET memiliki real OOP konsep dan disupport lebih dari 30 bahasa, namun yang paling banyak dipakai adalah bahasa C# dan VB.Net. Banyak developer menggunakan 1 bahasa saja, namun bisa menggunakan component yang ditulis dengan bahasa lainnya yg disupport .Net dan sekarang bahkan ASP.Net bisa menggunakan bahasa PHP itu sendiri.


3. Development Environments

Keuntungan menggunakan ASP.Net adalah menggunakan Visual Studio .NET sebagai IDE. IDE terbaik yang bisa membuat proses coding agan menjadi lebih mudah dan lebih produktif. Misalnya ada koreksi otomatis jika salah code (highlight syntax), proses debugging yang mudah dll...

4. Bagian dari .NET

ASP.NET merupakan bagian dari .NET. Jika agan paham bagaimana membuat aplikasi ASP.Net, agan bakal paham juga bagaimana membuat model aplikasi lainnya misal aplikasi desktop dan aplikasi mobile. PHP memang ada PHP-GTK, tapi terlalu immature jika dibandingkan dengan .NET.


5. Debugging

PHP tidak menawarkan extensive debugging, walaupun ada 3rd party yang kayak Zend yang membantu meningkatkan debugging dan testing.
ASP.NET menawarkan debugging yang baik, extensive tracing dan semua informasi dapat ditampilkan di IDE maupun di page bahkan mampu mendebug client-side scripting serta SQL Server stored procedures.

6. Error Handling

PHP belum support error trapping namun memiliki error-handling functionality dan logging. ASP.NET supports exception handling yang terstruktur (dengan tambahan "finally" block untuk execute apakah terjadi error maupun tidak) serta mampu membuat custom exceptions dan membuat custom error pages.

7. Image Manipulation

PHP tidak support built-in untuk image manipulation, walaupun tersedia third-party components seperti GD2 dll... ASP.NET memiliki fasilitas untuk membuat image dan fasilitas untuk memanipulasinya (.NET Framework's System.Drawing classes.)

8. Data Caching

PHP memiliki data native Data Caching yang terbatas. sedangkan ASP.NET memiliki extensive cache API yang bisa menyimpan berbagai tipe data (termasuk hasil query database), dengan expiration berdasarkan waktu,pemakaian, atau dependensi terhadap file atau cache item lain. Jika bisa memanggil user-defined function jika sebuah item dihapus dari cache.

9. Full-Page Output Caching

PHP Native tidak memiliki fasilitas Full-Page Output Caching. Sedangkan ASP meng-cache page berdasarkan satu atau lebih URL parameters, browser type, custom function atau berbagai kobinasi.

Masih banyak kelebihan ASP.Net lainnye namun hanya 9 saja dulu....

Kalau dikira aye cuma ngebacot, ini aye kasih source aye :

Code:
http://msdn.microsoft.com/en-us/library/aa479002.aspx

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

About Me

- Copyright © 2013 The Gunners -Sao v2- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -